OJT di Probolinggo, STPP Malang Dorong Petani Optimalkan Alsintan

Home / Berita / OJT di Probolinggo, STPP Malang Dorong Petani Optimalkan Alsintan
 OJT di Probolinggo, STPP Malang Dorong Petani Optimalkan Alsintan Dosen STPP Malang, Dwi Purnomo (topi putih), memberikan pelatihan alsintan di Kota Probolinggo, Rabu (18/4/2018). (FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

TIMESMAMUJU, PROBOLINGGOSTPP Malang terus mendorong petani mengoptimalkan pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan). Seperti yang dilakukan tim optimalisasi pemanfaatan alsintan (OPA) STPP Malang, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (18/4/2018) kemarin.

Upaya optimalisasi, kembali dilakukan dengan mengadakan on the job training (OJT), yakni pelatihan alsintan langsung di lokasi kerja petani. 

Peserta pelatihan adalah petani anggota usaha pelayanan jasa (Upja) dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) se-Kota Probolinggo.

Sebagai trainer, dosen STPP Malang, Dwi Purnomo, menyampaikan teori dan praktik teknik perawatan dan operasional alsintan, khususnya combine harvester dan pompa air. 

Dwi menjabarkan teknik perawatan komponen penting alsintan, seperti stel klep, saluran pembakaran, dan pembersihan saringan udara.

Di samping itu, dia menunjukkan cara penyetelan v-belt, mengatasi masuk angin pada mesin diesel, dan cara perawatan lainnya.

"Untuk operasional alsintan, petani diberi teori dan praktik langsung teknik operasional alsintan yang baik dan benar," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/4/2018).

Dengan teknik perawatan dan operasional yang benar, alsintan bisa lebih awet.

Untuk itu, kata dia, penting bagi peserta mengetahui dan terampil dalam perawatan dan operasional alsintan.

Tindak lanjut pasca OJT ini, akan diselenggarakan pelatihan penguatan Upja sebagai kelembagaan ekonomi petani.

"Ada MoU antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo bersama BLK (Balai Latihan Kerja) Kota Probolinggo dengan STPP Malang,” ujar Suryaman Sule, penanggung jawab OPA  wilayah Probolinggo.

STPP Malang berharap, selain optimal dalam pemanfaatan alsintan, kesejahteraan petani semakin meningkat. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com