Awas, Ini Akibatnya Sering Makan Jeroan

Home / Gaya Hidup / Awas, Ini Akibatnya Sering Makan Jeroan
Awas, Ini Akibatnya Sering Makan Jeroan Jeroan. (FOTO: Yukepo.com)

TIMESMAMUJU, JAKARTA – Bagi sebagian orang, jeroan dinilai lebih nikmat dari daging sapi, ayam, atau pun sapi. Karena itu mereka lebih memilih jeroan daripada daging. Memang, banyak ahli yang mengatakan bahwa jeroan mengandung nutrisi yang tidak sedikit. Meski demikian, bukan berarti Anda diizinkan untuk sering makan jeroan. Di samping mengandung nutrisi, jeroan juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Dilansir dari Hello Sehat berikut akibat sering makan jeroan.

1. Kolesterol tubuh meningkat
Jeroan juga memiliki kadar lemak dan kolesterol tinggi. Meskipun lemak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi cadangan, mengatur hormon, serta fungsi otak, tapi penting untuk tetap memerhatikan jumlah konsumsinya.

Jika asupan lemak melebihi porsi yang seharusnya, maka akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh yang kemudian membentuk plak pada pembuluh darah Anda sehingga pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan munculnya penyakit jantung.

2. Kelebihan kadar vitamin A
National Institutes of Health merekomendasikan batasan jumlah vitamin A yang aman untuk dikonsumsi per hari yakni tidak lebih dari 10.000 IU.

Sementara, vitamin A yang terkandung dalam jeroan cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dalam waktu yang sering maka vitamin A akan tertumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya sakit kepala, mual, serta kerusakan hati.

3. Memperburuk penyakit asam urat
Asam urat akan muncul saat Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan purin (zat yang ditemukan di berbagai makanan yang akan diubah jadi asam urat dalam tubuh) yang tinggi. Semakin banyak purin yang dihasilkan oleh makanan yang dimakan, maka semakin tinggi pula kadar asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh.

Kadar purin yang tinggi kemudian menjadi kristal, yang akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan tubuh lainnya. Itu sebabnya persendian menjadi nyeri dan bengkak. Maka dari itu, penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari makan jeroan, sebab jeroan mengandung kadar purin yang tinggi.

Itulah 3 akibat sering makan jeroan. Alih-alih menyumbang nutrisi baik bagi tubuh, sering makan jeroan justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan Anda. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com